Rabu, 25 Maret 2015

cara menampilkan gambar segala format ke Delphi


                Panjang banget judul tulisan gue sekarang, tapi its ok, gue cuman pengen bantu temen-temen yang lagi kesulitan kaya yang pernah gue alamin. Ceritanya gue pengen masukin gambar ke database access di program delphi, karena ga tau, gue googling di yahoo  ( *lho?! ) trus sampe lah gue ke beberapa web atau blog yang ngasih tau coding-nya, beberapa web gue jejalahin tapi yang beda cuman tampilannya doang,tutorialnya sama. Dan lu tau apa yang lebih nyebelin ??
caranya ga Work !!

                Oleh karena itu, gue, pemuda tampan & berani ini akan share ke elu cara mudahnya, ga pake procedure, ga pake ribet convert ke bitmap ! . Sekalian kalian boleh comot hasil program gue buat pembelajaran.  Here we go !

Bikin dulu Database Access nya. Jangan lupa Save as nya .mdb ya,


Buat tabel seperti berikut ( ini contoh, bebas) :
Field Name
Data type
Field size
Nomor
Text
10
Nama
Text
20
Gambar
Text
255

Kemudian buat form seperti berikut :





Nama Komponen
Properties
Asal
Button1
Capton : Save

Button2
Caption : Browse

Button3
Exit

Image1
-
Additional à Image1
OpenImageDialogue1
Filter : All
Dialogue à OpenImageDialogue
ADOconection1
ConectionString : database contoh
TableName : Table Contoh
Active : True
ADO à ADOConection

Berikut coding nya :



Coding untuk menampilkannya :
-Klik pada Edit1, lalu pilih event on click lalu ketikan kode berikut :
If key = #13 then
                if Edit1.text  = ADOconection1[‘Nomor’] Then
                Begin
              Edit2.text := Adoconection1[‘Nama’];
              Image1.picture := Adoconection1[‘Gambar’];
                End
Setelah selesai, coba jalankan program. Jika tidak jalan, berarti anda kurang beruntung.. hehe.. Ok, jika program kalian ga jalan, gue kasih nih program gue buat pembelajaran di link ini.. See You,,Hope it Helpfull !

NOTE : Jangan Lupa Tambahkan JPEG di Bawah USES di Coding !!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar